Desain Lantai Pengering Padi yang Ideal

Pengeringan hasil panen merupakan proses yang sangat penting dari suatu usaha pertanian, dalam kondisi basah (apalagi panen saat musim penghujan) harga jual produk pertanian sepenuhnya ditentukan oleh tengkulak. bagi petani yang tidak bisa melakukan pengeringan, pilihan menjual hasil panen dengan harga murah lebih menguntungkan daripada hasil panennya rusak karena proses pengeringan yang tidak maksimal.
Proses pengeringan yang baik juga berpengaruh terhadap proses pengolahan hasil pertanian selanjutnya. Jika dalam hal ini adalah tanaman padi, pengeringan yang baik akan memperkecil resiko beras patah saat proses penggilingan. Dan sekali lagi adalah meningkatnya harga jual pada produk pertanian tersebut.
Melihat pentingnya proses pengeringan dalam usaha pertanian, maka bagi petani tradisional kebutuhan akan lantai pengering merupakan salah satu hal yang cukup vital, mengingat sampai saat ini proses pengeringan hasil panen pertanian sepenuhnya masih bergantung dengan panas matahari.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan membagun lantai pengering,
  1. Idealnya dalam membagun lantai pengering dipilih lokasi yang minim halangan sehingga cahaya Matahari dapat menyinari lebih lama.
  2. Untuk desain diupayakan pada tengah lantai pengering dibuat lebih tinggi sehingga ketika hujan air tidak menggenangi hasil panen yang telah dikumpulkan.
  3. Lantai pengering sebaiknya dibuat memanjang, hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pengumpulan.
Berikut ini gambar sederhana desain lantai pengering yang bisa dijadikan acuan dalam membangun lantai pengering yang ideal. Untuk ukuran bisa disesuaikan dengan ketersedian lahan yang akan dibangun.

No comments:

Post a Comment