Cara Panen Padi agar terhindar dari kerugian

Panen adalah momen yang ditungu tunggu petani, 4 bulan adalah masa bayaran seorang petani. dan sudah jadi cerita lama jika panen padi adalah saat dimana harga komuditas itu turun :( berikut adalah cara mengurangi kerugian saat panen yang disebabkan harga turun.

1. Harga gabah mengalami titik terendah saat musim penghujan,
Pada musim penghujan Meski harga beras stabil, harga gabah akan mengikuti kemunculan matahari, Jika matahari muncul dengan terik maka harga dipastikan tinggi begitu juga sebaliknya 

solusi: jika musim hujan usahakan panen dimulai agak siang agak kandungan air yang ada pada gabah bisa sedikit berkurang.

2. banyak hama saat musih hujan

Selain kandungan air yang banyak, pada musim penghujan banyak hama penyakit berkeliaran.pembeli gabah akan sangat mudah mencari cacat dari gabah hasil panen. setelah menunjukan kejelekan dari panen kita maka harga pun akan dimainkan.

solusi : perketat pengamatan selama masa tanam, pergunakan pupuk dan pestisida dengan bijak dan jalin hubugan yang baik dengan pedagang. jika hubungan dengan pedagang baik mereka tidak akan mencari-cari kejelekan hasil panen. meski pada kenyataannya hasil panen kita tidak terlalu bagus, tapi ketika dicari kejelekanya,, rasanya sakit banget!!

3. Pertimbangkan untuk memiliki alat pengering

ketika kondisi pasar memang tidak mampu menyerap gabah kering panen, satu-satunya jalan adalah mengeringkan dan menyimpannya untuk dijual saat harga mulai membaik. untuk desain lantai pengering silahkan ikuti tautan artikel tersebut. meski idealnya setiap desa harusnya memilki sebuah oven untuk mengeringkan hasil panen ketika musim hujan, tapi saat ini yang paling memungkinkan adalah lantai pengering.

Terakhir perbanyak berdoa, petani hanya bisa menanam dan merawat sedangkan hasilnya biarlah Allah yang mengatur.




No comments:

Post a Comment